“Jualanku gak laku, lalu aku berpikir positif… tiba-tiba menjelang tutup, banyak yang beli…”
Kejadian melakukan proses berpikir positif lalu tiba-tiba banyak yang beli di sini adalah ‘kejadian’. Gak bisa dijadiin strategi… bahwa, “Kalo mau banyak yang beli, elu musti berpikir positif!”
Karena hubungan sebab-akibat dari ‘berpikir positif’ dan ‘tiba-tiba banyak yang beli’ sulit diukur. Yang gak bisa diukur, susah di-manage.
Kalo ngalamin kejadian kayak diatas, mustinya lakukan analisis, apa sebab pas menjelang tutup tiba-tiba banyak yang beli? Apakah karena sore itu memang muncul kebutuhan? Atau karena timing tertentu? Atau mungkin kita gak sengaja ngelakuin sesuatu yang nge-attrack pelanggan…
Analisis… cari tahu hubungan masuk akal-nya. Baru coba duplikasi menjadi strategi masa depan. Tentu proses tes-ukur tetap perlu dilakukan untuk mengevaluasi, termasuk menganalisis ulang.
Gituh…
Ditulis oleh:
Surya Kresnanda
@suryakresnanda
0811 2244 111