Berapa kali dalam kepemimpinan kita, ada rasa bahwa, “Saya kekurangan orang!” ?
Perasaan ini pun hinggap dalam beberapa kali kesempatan saya mengelola Tim Bisnis.
Tapi kalo dipikir-pikir, saat Tim kita banyak tapi ngelolanya nggak bener, repotnya malah dobel-dobel.
Karenanya guru saya mengajarkan… Sebelum nambah Tim, cek ricek dulu…
Apakah orang yang ada sudah benar-benar optimal? Apakah cara kerjanya sudah efisien? Apakah orang-orang tersebut masih bisa ditingkatkan kualitasnya sehingga bisa menyelesaikan lebih banyak hal secara berkualitas?
Nambah orang itu boleh… Tapi kalau tujuannya sebatas menyelesaikan target-target pekerjaan, bagi saya biasanya itu pilihan yang benar-benar terakhir.
Ditulis Oleh :
- Surya Kresnanda
- @suryakresnanda
- 0811 2244 111